Sunday 30 July 2017

Kopi Papua, Wamena Single Origin atau Baliem Blue Coffee di Yogyakarta Berkembang Menuju Kekhususan Produksi

Sejak tahun 2013, KSU Baliem Arabica membuka Pusat Toko Online PAPUAmart.com di Yogyakarta, dengan tujuan sebagai pusat distribusi Kopi Papua, Wamena Single Origin secara khusus. Sejak pendiriannya memang mengalami jatuh-bangun yang sungguh mengguncang dan di satu sisi merugikan usaha-usaha selama ini.

Selain tidak ada dukungan dari berbagai pihak, KSU Baliem Arabica juga terbatas dengan pengalaman dan keahlian. Oleh karena itu sudah diusahakan beberapa anak-anak Papua dilibatkan
dan diusahakan dilatih, untuk melihat apakah mereka tertarik atau tidak. Selama hampir 5 tahun belakangan ini, anak-anak Papua rupa-rupanya lebih tertarik dengan isu-isu dan gerakan-gerakan politik dan demo-demo di jalanan daripada terjun ke dunia usaha, punya uang sendiri dan mengikuti kuliah.

Kehadiran Jhon Kwano sebagai petugas yang memperkenalkan Kopi Papua dan mengupayakan anak-anak muda Papua untuk terlibat dalam dunia usaha boleh dikatakan hampir gagal total.

Setelah tiga kali terjadi pergantian anak-anak yang bertugas di Kantor Pusat PAPUAmart.com, maka saat ini sedikit menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Hingga Juli 2017 ini telah dibuka kembali BANANA Leaf Cafe, walaupn corak warna lama Hijau Daun Pisang dimodifikasi menjadi Warna Persipura, yang penting Cafe Kopi Papua sudah berjalan pada saat ini.

Hal lain yang menarik saat ini ialah anak-anak yang bertugas sudah bisa membedakan jenis-jenis kopi, mensortir dengan baik, dan selanjutnya meng-roasting sendiri dan menjualnya kepada konsumen di Yogyakarta dan sekitarnya. Ini perkembangan hebat.

Kalau Anda lihat gambar-gambar di bawah ini, ada beberapa jenis kopi yang dijual, ada Grade A, ada Grade B dan ada juga Grade C, ada kop lanang dan kopi biasa.

Freshly Roasted Kopi Papua, Wamena Single Origin Grade B

Kopi Papua, Wamena Single Origin Produksi Yogyakarta dan Jakarta


Sebagai orang tua, tentu saja para petani Kopi Papua, Wmena Single Origin dan pengurus KSU Baliem Arabica, dan pertama-tama Jhon Kwnao sendiri sebagai petugas dalam penjualan di pulau Jawa dan penjualan Online berdoa kiranya perkembangan yang terjadi saat ini akan terus terjadi sampai selama-lamanya, sepanjang seajarah Kopi Papua berjalan.

Memang ada ambisi, ada cita-cita, ada perjuangan, dan ada doa, sesuai motto KSU Balim Arabica, "Ora Et Labora" atau dalam bahasa Lani disebut "Kenggi Abolok, Kambe Abolok!" atau dalam bahasa Sentani di sebut "Wali Hole!"

"Tuhan, Engkau Pencipta Tanah Papua yang selama ini semua orang sebut tanah kaya-raya, dan Engkau Pencipta orang Papua yang selama ini dijuluki orang tidak tahu kerja, pemalas, emosional, dan tidak rasional, sukanya hambur-hamburkan uang, pemabuk, kami berdoa dalam Nama Yesus, ampuni salah dan dosa kami, seperti kami juga mengampuni kesalahan-kesalahan orang-orang Papua dan non-Papua yang telah dan akan mereka perbuat terhadap kami. Berilah kami kekuatan, untuk terus berjuang mencapi cita-cita Papua Kaya-Raya, lewat Kopi Papua, sang Emas Hijau Bumi Cenderawaish." Dalam Nama Yesus, Tuhan dan Pohon berkat. Amin!


4 comments:

  1. Mau tanya Bagaimana caranya sy bisa menjadi tenaga pemasar utk kopi wamena di jakarta? Mohon petujuknya. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Sy ingin memperkenalkan prodak kopi asli papua di berbagai tempat tp syg sy belum banyak pengetahuan tentang langkah2 apa saja yg harus sy lakukan utk bisa mendistribusikan kopi dr papua ke jakarta,sedangkan sy punya banyak market di jakarta.. Terimakasih..

    ReplyDelete