Wednesday 11 November 2015

Kepala Balitbangtan : Indonesia Penghasil Kopi Khas Terbanyak di Dunia

Kopi Indonesia selain memiliki jenis yang sangat banyak di dunia juga sulit ditiru negara lain


Rabu, 11 November 2015


Petani memanen biji kopi. (Foto: Antara) Petani memanen biji kopi. (Foto: Antara)
JAKARTA, JITUNEWS.COM – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Beragam jenis kopi ada di tanah air kita tercinta ini.



Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian Muhammad Syakir mengatakan, Indonesia merupakan penghasil kopi khas terbanyak di dunia.

"Keunggulan kopi kami itu adalah kopi specialty," ujar Syakir di acara Festival Kampung Kopi dan Kakao 2015 di Plaza Selatan Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Syakir menyebutkan, di antara nama kopi khas Indonesia yang telah terkenal di mancanegara dan menjadi menu spesial di kafe-kafe besar dunia yaitu Gayo, Mandheling, Java, dan Toraja.

Selain itu, lanjut Syakir, sejumlah kopi khas Indonesia kini mulai dikenal di dunia seperti kopi Bali Kintamani, Flores, Preanger, dan Papua.

Syakir menambahkan, kopi Indonesia selain memiliki jenis yang sangat banyak di dunia juga sulit ditiru negara lain meski dengan pengembangan varietas yang sama.

Kopi spesial itu bisa berkembang di Indonesia lantaran didukung faktor gen, ekosistem, dan iklim di negeri ini.

"Ini merupakan keistimewaan tersendiri," tukas Syakir seraya tersenyum.

Penulis : -
Editor : Riana


@jitunews http://www.jitunews.com/read/25098/kepala-balitbangtan-indonesia-penghasil-kopi-khas-terbanyak-di-dunia#ixzz3rVjSRw5i

No comments:

Post a Comment